Senin, 11 Mei 2013 - 22:46:50 WIB
Musik Jazz
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 30176 kali

Aku pernah baca buku judulnya : MUSIK, ANTARA KRITIK DAN APRESIASI. Lumayan bagus juga isinya, ada tujuh bagian. Salah satu bagiannya bicara soal : Jazz dan musik klasik.

Musik jazz konon (menurut buku itu) merupakan pembauran antara elemen-elemen musik tribal Afrika, musik rakyat dari pantai timur Amerika dan musik rakyat religius dari bagian barat Amerika yang berbau Eropa. Elemen-elemen musik itu kemudian membentuk embrio peradaban musik baru yang dikenal sebagai jazz dalam bentuknya seperti sekarang.

Istilah jazz konon berasal dari bahasa prokem “Jaser” yang berarti ngrumpi. Musik jazz memiliki empat ciri utama : faktor swing dalam permainan ritme, sinkopasi dalam permainan nada-nada melodik, keunggulan improvisasi harmonik dalam ekspresi musiknya dan faktor blues-note. Konon ada jazz beneran, ada juga jazz yang hanya sekedar jazzy serta ada juga yang ngejazz saja.

Musik jazz memiliki naluri kebersamaan yang luar biasa besar dan tidak berpusat pada komposisi musik seorang pencipta, peran dominan seorang dirigen, pemain tunggal (solois) ataupun pada keprimadonaan seorang penyanyi. Pusat konsentrasi kreatifnya bertumpu pada kontras kebersamaan permainan improvisasi. Improvisasi artistik musikal itu sendiri bersifat sangat personal, selalu berkembang, berubah dan berbeda pada tiap individu pemain. Itulah sebabnya jazz dikenal sebagai jenis musik yang paling demokratis di planet bumi ini. Betapapun kuatnya latar belakang permainan improvisasi individual, para pemain jazz akan tetap mengacu pada keselarasan harmoni. Bener gak seh?




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)