Senin, 13 September 2013 - 22:46:50 WIB
Main Api, Bisnis Bisa Terbakar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 20499 kali

Ketika bekerja magang di bawah General Manager Robert Kamlot pada organisasi teater nirlaba terbesar di Amerika Serikat (pada saat itu), setiap asistennya diminta menghafal enam peraturan manajemennya. Peraturan itu adalah :

Pertama, jangan membuat asumsi tentang apapun

Kedua, jangan memberi informasi secara gratis

Ketiga, ketika ragu-ragu, jangan lakukan apapun. Kadang-kadang tidak mengambil tindakan apapun sudah merupakan suatu tindakan

Keempat, jangan bermain api di lingkungan kerja

Kelima, jangan berbicara kepada pers

Keenam, diplomasi setidaknya sama pentingnya dengan bertindak benar

Mari kita membicarakan Mr. Ned asisten saya, yang sama sekali tidak memahami peraturan-peraturan ini. Ketika diminta mengarsip kontrak-kontrak baru, Ned malah menghabiskan waktu sehari penuh untuk mengatur ulang arsip-arsip pribadi saya. Ia pikir saya akan menghargai inisiatifnya tersebut. Ia membuat asumsi yang salah (PERATURAN No. 1). Padahal, ia bisa langsung bertanya kepada saya. Ketika menghadapi negosiasi kontrak, membuat asumsi seperti itu bisa melahirkan hal yang membahayakan.

Ned menanyakan banyak hal tentang kontrak. Namun, suatu hari saya mendengarnya memberi tahu besar bayaran yang diterima salah satu artis klien saya untuk satu pertunjukan kepada ibunya via telepon. Informasi ini tidak akan membawa keuntungan untuk klien saya, saya sendiri, maupun sang ibu. Dan dalam sedetik tindakan itu dapat menghancurkan kepercayaan klien. Ned telah melanggar PERATURAN No. 2.

Suatu hari, ketika saya berada di gymnasium, Ned menerima telepon mendesak dari seorang promoter yang berkata ia harus memesan tiket pesawat untuk sang artis dalam waktu satu jam. Kalau tidak, reservasi tiket itu akan diberikan kepada orang lain. Ned tidak bisa menghubungi saya via ponsel, jadi ia langsung menyetujui keinginan promoter tersebut. Ned sama sekali tidak tahu bahwa sang artis baru saja menelpon saya secara pribadi untuk memberitahu bahwa ia akan pergi dari Negara bagian lain. PERATURAN No. 3 juga dilanggar. Kejadian seperti inilah yang membuat saya berkeras memilih tiket yang dapat diuangkan kembali untuk semua artis saya.

Peraturan No. 4 merupakan peraturan yang paling berbahaya. Ned berkencan dengan salah seorang artis klien saya, tanpa sepengetahuan saya. Namun hubungan ini tidak langgeng. Ned tidak bisa menerima penolakan itu dengan lapang dada. Akibatnya, artis klien saya merasa sungkan menelpon ataupun bertemu dengan saya, sebab ia tahu Ned juga berada di kantor saya. Klien saya tidak datang ke acara wawancara dengan pers, sebab saya menugaskan Ned untuk menemaninya. PERATURAN No. 4 dilanggar. Padahal ini hanya menyangkut masalah berkencan. Kalau berani bermain api, anda dan perusahaan anda bisa terbakar. Akibat dari hubungan percintaan adalah munculnya ketidakpercayaan dan komplikasi besar. Anda hanya dapat mengambil satu keputusan untuk dua pilihan ini : Menjadi manajer sang artis atau menikahi sang artis. Anda harus menetapkan hubungan seperti ini dengan jelas : Hubungan pribadi atau hubungan bisnis. Jangan dua-duanya. Maaf, dalam hal ini tidak ada pengecualian.

Yang lebih buruk lagi, ketika sang artis tidak muncul di acara wawancara tersebut, Ned merasa sudah seharusnya ia maju ke depan dan melindungi sang artis dengan mengatakan (kebohongan) sang artis sedang sakit. Menurut Ned, ia telah melakukan kebaikan. Padahal, ia telah memberikan informasi secara gratis dan mengambil tindakan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Keesokan harinya, sebuah berita muncul di halaman gossip, menyebutkan bahwa sumber yang terpercaya mengatakan sang artis sedang sakit parah dan dalam keadaan depresi karena perceraian yang baru dilaluinya (hal ini menyebabkan penjualan tiket konser untuk keesokan harinya menurun drastic. Sang promotor pun menelpon saya dengan panic). Sebenarnya, Ned memang tidak akan bisa memberikan jawaban yang aman untuk pertanyaan-pertanyaan dari pers. Oleh karena itu, biarkan sang artis menanggung sendiri kesalahannya sendiri. Manajer harus tetap tutup mulut. PERATURAN No. 5 dilanggar.

Sebagai catatan, keesokan harinya saya memecat Ned sambil berjanji akan memberikan rekomendasi yang baik jika ia memerlukannya. PERATURAN No. 6 diterapkan. Lucunya, seseorang yang tidak kompeten seperti Ned pada akhirnya bisa saja menjadi CEO di perusahaan rekaman. Jadi, berhati-hatilah. Orang yang anda depak hari ini bisa menjadi orang yang harus anda hadapi di kemudian hari.

Sumber : Managing Artists in Pop Music, Mitch Weiss & Perri Gaffney, Penerbit Gramedia, hal : 19-21






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)