Sabtu, 16 November 2013 - 22:46:50 WIB
Kepemimpinan ala Iacocca
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 53406 kali

9 K Kepemimpinan menurut Lee Iacocca adalah sebagai berikut :

Seorang pemimpin harus memperhatikan KEINGINTAHUAN. Ia harus mendengar orang-orang di luar kelompok ABS alias asal bapak senang di lingkaran dalamnya. Ia harus ketagihan membaca, karena dunia adalah tempat yang besar dan rumit.

Seorang pemimpin harus KREATIF, menyuarakan hal yang sangat berbeda dari sebagian besar orang, bersedia mencoba sesuatu yang berbeda. Berpikir di luar tempurung (thinking out of the box) , begitulah istilahnya.

Seorang pemimpin harus berKOMUNIKASI. Saya tidak bicara tentang omong terus atau pamer permainan kata. Saya bicara tentang menghadapi realitas dan mengungkap kebenaran. Komunikasi harus dimulai dengan mengungkapkan kebenaran, meskipun pahit.

Seorang pemimpin harus menjadi orang yang berKARAKTER. Ini berarti mengetahui perbedaan antara mana benar dan mana salah, serta memiliki nyali untuk melakukan hal yang tepat. Pemimpin yang berkarakter tidak meminta seorang tentarapun untuk mati demi kebijakan yang gagal.

Seorang pemimpin harus memiliki KEBERANIAN. Saya berbicara tentang nyali, ini juga berlaku untuk wanita pemimpin. Keangkuhan bukanlah keberanian. Bicara lantang bukanlah keberanian. Keberanian pada abad 21 tidak berarti bertingkah seperti pahlawan. Keberanian adalah komitmen untuk di meja negosiasi dan berbicara.

Untuk menjadi pemimpin, anda harus memiliki KEYAKINAN, ada api di dada anda. Anda harus memiliki gairah. Anda harus benar-benar ingin menyelesaikan sesuatu.

Seorang pemimpin selayaknya memiliki KARISMA. Saya tidak berbicara tentang sok pamer. Karisma adalah kualitas yang membuat orang mau mengikuti anda. Itulah kemampuan untuk menginspirasi. Orang mengikuti seorang pemimpin karena mereka percaya padanya.

Seorang pemimpin harus KOMPETEN. Sudah jelas, bukan? Anda harus tahu apa yang tengah terjadi. Lebih penting lagi, anda harus dikelilingi orang-orang yang tahu apa yang tengah mereka lakukan.

Anda tidak bisa menjadi pemimpin jika anda tidak memiliki KEJERNIHAN PIKIRAN. Saya menyebutnya aturan Charlie Beachan. Satu-satunya hal yang dibawa sebagai manusia adalah kemampuan berlogika dan logika yang dimilikinya.

Pemimpin diciptakan, bukan dilahirkan. Kepemimpinan ditempa di masa krisis. Mudah saja duduk menumpangkan kaki di meja dan bicara teori. Atau, mengirim anak orang untuk berperang padahal anda tidak pernah melihat medan perang itu sendiri. Akan berbeda halnya bila anda memimpin ketika dunia anda runtuh. K terbesar dalam sebuah kepemimpinan adalah mengatasi KRISIS.

Sumber : Where have all the leaders gone?, Lee Iacocca, penerbit BIP, hal : 6-12






1 Komentar :

ovnis
25 November 2017 - 18:21:30 WIB

A la data, Inglaterra descubrió 10 archivos OVNI.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)