Minggu, 16 Maret 2014 - 00:00:13 WIB
AUDIT Lelang Konstruksi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 316919 kali

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengaudit proses lelang adalah sebagai berikut :

Pastikan bahwa pengumuman pelelangan sudah dilakukan secara memadai, misalnya sudah diumumkan di surat kabar, papan pengumuman, portal pengadaan nasional, serta media elektronik lain. Apabila Panitia Lelang tidak mengumumkan pelelangan ini secara terbuka maka akan membuka peluang terjadinya pengaturan lelang atau terjadinya praktek monopoli usaha dan membuka peluang terjadinya persaingan tidak sehat. Dari aspek pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan Negara patut diduga adanya praktek penggelembungan harga atau mark up. Dalam hal ini, auditor sebaiknya memperdalam prosedur dan langkah-langkah audit untuk mengetahui adanya kesalahan yang material.

Perhatikan juga apakah para penyedia jasa memiliki peran ganda atau terafiliasi antara satu penyedia jasa dengan penyedia jasa yang lain. Yang dimaksud dengan terafiliasi adalah keterkaitan hubungan, baik antar peserta, maupun antara peserta dengan PPK dan/atau anggota pokja ULP. Hal ini dapat dikategorikan melanggar Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Lakukan koreksi aritmatik terhadap tiga penawaran terendah untuk mengetahui kebenaran besaran total penawaran serta untuk mengetahui urutan calon pemenang terendah. Koreksi aritmatik dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

(1) Volume pekerjaan yang tercantum dalam daftar kuantitas dan harga disesuaikan dengan yang tercantum dalam dokumen pemilihan, (2) Apabila terjadi kesalahan hasil perkalian antara volume dengan harga satuan pekerjaan maka dilakukan pembetulan, dengan ketentuan harga satuan pekerjaan yang ditawarkan tidak boleh berubah, (3) Jenis pekerjaan yang tidak diberi harga satuan dianggap sudah termasuk dalam harga satuan pekerjaan yang lain dan harga satuan pada daftar kuantitas dan harga tetap dibiarkan kosong, (4) Hasil koreksi aritmatik dapat mengubah nilai penawaran sehingga urutan peringkat dapat menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari urutan peringkat semula, (5) Koreksi aritmatik untuk penawaran kontrak lumpsum yang melampirkan daftar kuantitas dan harga hanya dilakukan untuk menyesuaikan volume pekerjaan yang tercantum dalam daftar kuantitas dan harga dengan yang tercantum dalam dokumen pemilihan tanpa mengubah nilai penawaran, (6) Pelaksanaan evaluasi dilakukan di ULP terhadap tiga penawaran terendah setelah koreksi aritmatik, (7) Apabila setelah koreksi aritmatik terdapat kurang dari 3 penawar yang menawar harga kurang dari HPS maka proses lelang tetap dilanjutkan dengan melakukan evaluasi penawaran.

Cek apakah terdapat harga satuan timpang, di mana harga satuan timpang adalah peristiwa terjadinya harga satuan penawaran nilainya lebih besar 110% dari harga satuan yang tercantum dalam HPS, dan apabila peristiwa ini terjadi dalam proses pelelangan maka harus dilakukan klarifikasi. Apabila setelah dilakukan klarifikasi ternyata harga satuan penawaran tersebut timpang, maka harga satuan penawaran timpang hanya berlaku untuk volume sesuai dengan dokumen pemilihan.

Cek apakah terdapat penawaran yang dibawah 80% HPS. Jika ditemukan harga penawaran peserta lelang dibawah 80% HPS, maka lakukan evaluasi kewajaran harga dengan meneliti dan menilai konsistensi rincian/uraian analisis harga satuan pekerjaan utama terhadap syarat teknis/spesifikasi sehingga tidak terjadi penyimpangan yang mempengaruhi lingkup, kualitas, dan hasil/kinerja serta diyakini dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai persyaratan yang ditetapkan. Apabila peserta lelang tersebut ditunjuk sebagai pemenang, maka harus bersedia untuk menaikan jaminan pelaksanaan menjadi 5% dari nilai total HPS dan apabila tidak bersedia, maka penawarannya digugurkan dan jaminannya disita untuk untuk Negara serta dimasukan dalam daftar hitam.

Sumber : Auditing Proyek-proyek Konstruksi, Hendra Susanto dan Hediana Makmur, Penerbit Andi, hal : 97-105






4 Komentar :

Purchase Geftinat 250 mg Gefitinib Ip Tablets Online
25 November 2017 - 18:33:47 WIB

Hey! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your
site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my
iphone 4. I'm trying to find a theme or plugin that might be able
to correct this problem. If you have any recommendations, please share.

Thank you!
homeopathic doctor in mumbai
25 November 2017 - 17:49:39 WIB

Ⲩour way of descriƄing the whole tbing in thos post is actuаlly
good, every one be caрble of effortlessly Ьe awaree of it, Thanks a lot.
a course in miracles germany
25 November 2017 - 17:08:45 WIB

Hi, for all time i used to check weblog posts here in the
early hours in the morning, since i like to learn more and
more.
Lynell
25 November 2017 - 16:55:34 WIB

Hi! This post could not be written any better! Reading this post reminds me of my previous room
mate! He always kept chatting about this. I will forward this write-up to him.
Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)