Kamis, 20 November 2014 - 10:00:13 WIB
Payudara (tidak) Sehat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Cuplikan Buku - Dibaca: 3844 kali

Tidak banyak orang yang tahu mengenai ciri payudara sehat, Ciri payudara yang sehat adalah 1) Jaringan di bawah kulit payudara terasa lembut dan tidak ada tonjolan atau benjolan. 2) Saat diraba, payudara terasa ada nodular atau berserat. 3) Putting payudara lebih keras, tetapi simetris dan halus. 4) Ukuran kedua payudara simetris, namun jika ada perbedaan antara yang kanan dan kiri itu masih normal. 5) Anda tidak merasakan sakit atau nyeri apapun ketika menyentuh bagian payudara. 6) Bentuk payudara kencang dalam arti tidak kendur atau merosot ke bawah. 7) Posisi payudara harus menghadap sedikit keatas dengan sudut sekitar 20-45 derajat, dan 8) Warna putting payudara tergantung pada pigmen kulit yang dimilikinya. Misalnya, jika anda berkulit putih maka putting payudara biasanya berwarna merah muda, tetapi jika kulitnya agak gelap maka putting berwarna coklat. Meskipun demikian, jaringan yang ada dalam payudara bisa berubah; tergantung pada usia dan fase kehidupan anda, misalnya, siklus menstruasi.

Gangguan yang mungkin terjadi pada payudara, diantaranya :

1) Nipple Discharge (ND) adalah keluarnya cairan yang abnormal dari salah satu atau kedua putting payudara. Kemungkinan ND meningkat seiring usia kehamilan. Kemungkinan terjadinya ND ini bertambah seiring dengan peningkatan umur dan jumlah kehamilan. Apabila cairan asing ini keluar dari putting payudara wanita yang belum hamil atau dari laki-laki, maka hal itu menunjukan adanya penyakit. Penyebab ND adalah abses payudara, cedera pada payudara, obat-obatan, prolaktioma (tumor di dalam otak), papiloma intraduktal (tumor payudara jinak), dan ektasia duktus (pelebaran dan pengerasan saluran payudara akibat penuaan dan kerusakan).

2) Fibroadenoma, adalah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara yang terdiri atas jaringan kelenjar dan fibrosa. Gangguan ini merupakan salah satu tumor jinak. Fibroadenoma terjadi akibat adanya kelebihan hormone estrogen. Ada beberapa benjolan lain yang biasanya juga bukan kanker yaitu : kista payudara, papiloma intraduktus, nekrosis lemak (akibat cidera), sistosarkoma filodes (tumor jinak).

3) Kanker payudara, adalah keganasan yang bermula dari sel-sel di payudara. Gejala kanker ini juga mengakibatkan retraksi putting, terjadi perubahan kulit seperti kulit jeruk, mengerut, timbul borok (ulkus) pada payudara.

Jagalah kesehatan payudara dengan menjaga berat badan, olahraga, kurangi mengkonsumsi alcohol, berbanyak konsumsi sayuran, tingkatkan konsumsi serat, kurangi makanan berlemak, mengkonsumsi kedelai, mengkonsumsi ikan, pelajari riwayat keluarga, periksa secara teratur dan pertimbangkan tes genetic (ada tidaknya mutasi gen BRCA).

Sumber : Kalkulator Kesehatan, Adi D. Tilong, Penerbit XD-Medika, hal : 307-334






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)