Rabu, 28 Februari 2018 - 22:46:50 WIB
Fastfood vs E-lelang Cepat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Uneg-uneg - Dibaca: 588 kali

Fastfood vs E-lelang cepat

Kali ini terpaksa saya ngobrolin soal serius lagi bukan karena biar kelihatan intelek atau biar kelihatan up to date, tetapi biar kita semua ngga penasaran lagi, biar ngga bertanya-tanya lagi lelang cepat itu makanan apa to???

Kalo diibaratkan makanan, maka lelang cepat itu seperti fastfood kali ya. Konon Fastfood itu adalah makanan cepat saji, dimana sebelumnya sudah dilakukan proses pengolahan tahap awal sehingga pada saat ada pesanan hanya dibutuhkan proses pengolahan lanjutan yang waktunya relatif lebih cepat. Contoh fastfood yaitu burger, pizza, dan segala jenis makanan yang cara penyajiannya cepat karena sebelumnya sudah mengalami proses pengolahan tahap awal (bahan setengah jadi).

Dengan menggunakan bahasa fastfood, maka lelang cepat merupakan salah satu metode e-tendering yang cepat saji untuk pemilihan penyedia barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya. Mengapa dikatakan cepat saji, ya karena metode lelang ini sebelumnya sudah dilakukan proses tahap awal yaitu dengan memanfaatkan informasi kinerja penyedia barang atau jasa, sehingga pada saat ada lelang cepat hanya dibutuhkan proses lanjutan yang waktunya relative lebih cepat.

Dengan pemanfaatan adanya system informasi kinerja penyedia barang/jasa (SIKap) ini, maka dalam lelang cepat tidak lagi diperlukan penilaian kualifikasi, administrasi dan teknis, juga tidak diperlukan lagi sanggahan dan sanggahan banding, dan juga bisa langsung to the point menyebutkan merek atau tipe atau jenis pada spesifikasi teknis barang atau jasa yang akan diadakan.

Informasi kinerja penyedia barang dan jasa dalam SIKap merupakan informasi yang diverifikasi dan bersumber dari input data yang dilakukan Pokja ULP atau pejabat pengadaan, PPK, LPSE, LKPP atau hasil penarikan data dari LPSE atau system lain yang terkoneksi dengan SPSE. Oh ya, informasi kinerja penyedia juga bisa bersumber dari input data yang dilakukan oleh penyedia itu sendiri. Dan pejabat pengadaan atau pokja ULP tidak perlu lagi melakukan verifikasi kepada pemenang lelang atas data kualifikasi dan / atau kinerja penyedia yang dipersyaratkan apabila telah terverifikasi di dalam SIKap.

Konon proses pelaksanaan E-lelang cepat itu dimulai dari:

1) pembuatan paket dan pendaftaran oleh pokja ULP dalam aplikasi SPSE lengkap dengan informasi paket dan system pengadaan. Pokja ULP menyusun jadwal pelaksanaan lelang dan menyusun dokumen pengadaan secara elektronik berdasarkan syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi SPSE dan User guide-nya.

2) Undangan dan Penjelasan. Pokja ULP setelah menyusun kriteria kualifikasi dan/atau kinerja penyedia barang/jasa berdasarkan informasi yang tersedia pada aplikasi SIKap atau SPSE, Pokja ULP mengundang penyedia melalui aplikasi SPSE terhadap penyedia yang memenuhi kriteria dan telah memberikan persetujuan atas kriteria keikutsertaan. Pokja dapat memberian penjelasan setelah undangan secara online.

3) Pemasukan penawaran. Penyedia menyampaikan penawaran harga dalam file penawaran terenkripsi melalui fitur yang ada pada aplikasi SPSE.

4) Pembukaan penawaran.

5) Pengumuman pemenang.

6) Verifikasi informasi kinerja penyedia.

7) Surat penunjukan penyedia barang/jasa (SPPBJ).

8) Penandatangan kontrak.

Waduh, bahasanya formal banget ya??? Tapi intinya itu, kalo pihak penyedia, yang harus dilakukan adalah :

1) Gabung dan input data pada aplikasi SIKap
2) Nunggu undangan dari pokja ULP/Pejabat Pengadaan (sambil nunggu lebih baik banyak berdoa juga, hehehe biar afdol, iya toh?) dan jangan lupa undangan hadir lewat aplikasi SIKap, jadi pantengin terus itu aplikasi SIKap
3) Kalo lanjut, ya berarti memasukan penawaran harga
4) Nunggu pengumuman pemenang (lagi-lagi sambil nunggu lebih baik banyak berdoa semoga beruntung jadi pemenang lelang, amiin)
5) Kalo menang dapet surat SPPBJ (sambil bersyukur Alhamdulillah)
6) Terus tandatangan kontrak
7) Realisasi kontrak

Aduh, udah capek nih nulis, besok lagi yahhhhh, daaaaaaa






0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)